Kamis, 07 April 2011

Seputar Depok: Jangan Ke Masjid Kubah Emas Hari Kamis


Kalau anda kebetulan bukan orang Depok, dan belum pernah melihat masjid (yang barangkali ) termegah di Indonesia, dan ingin berwisata kesana, apalagi rumah anda jauh dan akan datang berombongan pula, saya sarankan untuk tidak datang kesana pada hari Kamis.

Apa pasal? Ternyata pada hari kamis mesjid tersebut dinyatakan tertutup untuk umum. Entah apa alasan yang sebenarnya, terpampang di pagar pintu gerbang yang ditutup/gembok pengumumuman bahwa setiap kamis masjid tutup karena ada pekerjaan sipil. Entah pekerjaan sipil apa yang dimaksud, mungkin bersih-bersih masjid atau semacamnya, karena besoknya ada jum'atan, hingga mesjid dibersihkan untuk persiapan jum'atan, atau mungkin ada pekerjaan lain yang tidak saya mengerti. Dan entah ini hanya berlaku sekarang saja atau dari dulu memang begitu dan selamanya akan begitu, saya juga tidak tahu.

Walaupun bisa dimengerti, kalau memang ada pekerjaan yang sekiranya jika ada jamaah/pengunjung dari mana-mana yang jumlahnya banyak bisa menganggu pekerjaan tersebut, sebagaimana kita tahu, bahwa masjid tersebut telah menjadi tempat wisata religi, dan sekali datang rombongan bisa berbus-bus. Tetapi tetap saja terasa aneh, sepanjang yang saya tahu tidak pernah ada masjid yang namanya libur, walaupun direnovasi sekalipun, masjid tetap saja buka, dan dipakai sholat.

Pada hari kamis 2 minggu yang lalu, selepas asar kebetulan saya lewat menuju arah cinere, lihat pengumuman itu saya berhenti, saya merasa aneh lalu saya ambil fotonya. Kebetulan juga pulangya waktu magrib saya melintas arah balik menuju sawangan, dan tidak melihat tanda-tanda masjid tersebut dibuka. Untuk itu jika anda ingin berwisata kesana kalau kebetulan hari kamis, harap dibatalkan saja. Dari pada anda kecele, sudah datang jauh-jauh dan berombongan pula.;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar